Penyemprotan disinfektan terlihat dilakukan di masjid Desa Sawiji, Kecamatan Jogoroto, Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Penyemprotan disinfektan terlihat dilakukan di masjid Desa Sawiji, Kecamatan Jogoroto, Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19 terus dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Langkah pencegahan ini juga diikuti oleh pemerintah desa di Jombang.

Pemerintah Desa Sawiji, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang salah satunya. Aparatur desa tersebut melakukan upaya pencegahan covid-19 dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri.

Penyemprotan cairan dilakukan merata di sejumlah tempat fasilitas umum seperti musala, masjid, sekolah-sekolah, hingga Pondok Pesantren yang berada di Desa Sawiji. 

"Kita gerakkan potensi yang ada, baik pemuda hingga para perangkat desa. kita juga bekerja sama dengan Polsek Jogoroto dan Koramil Jogoroto. Ini sesuai perintah Presiden dan Bupati untuk saling bahu membahu, mencegah potensi penularan corona," ujar Kades Sawiji, Erwin Burhan saat diwawancarai di lokasi penyemprotan, Selasa (24/3).

Selain melakukan penyemprotan,  pemerintah desa beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga melakukan sosialisasi pada warga tentang bahaya virus Corona. Warga diminta terus menjaga pola hidup bersih, anjuran untuk tidak keluar rumah jika tidak penting juga disosialisaikan melalui pengeras suara.

"Kami mengimbau pada masyarakat agar menghindari kerumunan. Kalau obat, ini menggunakan anggaran pribadi, karena anggaran di Desa tidak ada. Ya yang penting kita sudah antisipasi lah virus Corona," kata Erwin.

Diungkapkan Erwin, penyemprotan ini dilakukan secara mandiri oleh pemerintah desa setempat. Anggaran penyemprotan dilakukan secara mandiri tanpa menggunakan anggaran desa.

"Ini tadi menggunakan anggaran pribadi, karena anggaran di Desa tidak ada. Ya yang penting kita sudah antisipasi lah virus Corona," pungkasnya.(*)