Proses pemadaman api di gudang mainan anak-anak di Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Proses pemadaman api di gudang mainan anak-anak di Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Gudang mainan anak-anak yang terbakar di Jalan Abdul Rahman Saleh, Kecamatan/Kabupaten Jombang berhasil dipadamkan. Proses pemadaman api tersebut memakan waktu satu jam.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana BPBD Jombang Gunadi mengatakan, untuk memadamkan api di gudang milik Wahyudi (52) ini pihaknya hingga mengerakkan 5 unit mobil pemadam.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 13.30 WIB ini baru bisa dipadamkan oleh petugas PMK satu jam kemudian. "Pemadaman tadi satu jam, ini tinggal pembahasan saja," terangnya saat diwawancarai di lokasi kejadian, Jumat (10/1).

Dikatakan Gunadi, kebakaran ini terjadi di lantai dua gudang toko Wahyu Abadi. Di lantai dua ini terdapat mainan anak-anak yang terbuat dari bahan plastik, yang mengakibatkan api cepat membesar. Akses jalan masuk yang sulit juga menjadi kendala.

Ia memperkirakan, penyebab kebakaran adalah konsleting listrik yang terjadi di lantai dua gudang belakang toko mainan milik Wahyudi. "Dimungkinkan ini terjadi akibat konsleting listrik. Tidak ada korban, karena semua karyawan berada di lantai bawah semua," ujarnya.

Sementara, akibat kerugian ini belum bisa diperkirakan. Pihak BPBD Jombang masih akan berkoordinasi dengan pemilik rumah dan pihak kepolisian. "Kerugian belum bisa diperkirakan," kata Gunadi.

Terpisah, Kapolsek Jombang AKP Wilono belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran. Pihaknya masih menunggu hasil penyelidikan yang akan dilakukan. "Penyebabnya kita masih belum paham. Yang jelas barang di dalam ini barang yang mudah terbakar. Bahan plastik dan kembang api," pungkasnya.(*)